Jasa Membuat Blog

Muslim Prancis Butuh Masjid Lebih Banyak

masjid prancis
News.RisalahIslam.com -- Muslim Prancis membutuhkan lebih banyak masjid sebagai tempat ibadah dan aktivitas keagamaan mereka.

Menurut Presiden Dewan Muslim Prancis, Dalil Boubakeur, selama ini umat Islam kekurangan tempat ibadah.

"Kami perlu melipatgandakan (jumlah masjid) dalam dua tahun ke depan," katanya seperti dikutip onislam.net dari France 24.
"Banyak ruangan shalat dari masjid yang belum selesai dan banyak masjid yang belum dibangun," imbuhnya.

Boubakeur mengemukakan hal itu dalam pertemuan tahunan ke-32 Muslim Prancis yang dihadiri lebih dari 250 asosiasi Muslim di seluruh Prancis.

Pertemuan yang berlangsung selama empat hari, 3-5 April 2015, diisi diskusi berbagai topik terkait Islam dan kaum Muslim.

Wacana penambahan jumlah masjid di negara minoritas Muslim terbesar di Eropa iutu menjadi isu kunci yang didiskusikan.

Amar Lasfar, Presiden Union of Islamic Organizations of France (UOIF) yang mengorganisasikan pertemuan, menyatakan setuju dengan pandangan Boubakeur.

"Jumlah masjid harus mencerminkan jumlah kaum Muslim (di Prancis)," tambahnya.

Menurut Boubakeur, saat ini jumlah Muslim di Prancis sekitar 7 juta jiwa, lebih banyak dari data resmi pemerintah yang menyebutkan angka sekitar 4-5 juta jiwa.

Sebagai perbandingan, di Inggris, dengan penduduk Muslim sekitar 2,8 jiwa, ada sekitar 1,500 masjid atau satu masjid untuk sekitar 1,850 Muslim --menurut situs MuslimsInBritain.org.

Untuk membangun masjid, menurut hukum sekuler Prancis, pemerintah dilarang memberikan bantuan dana pembangunan. Pemerintah Prancis juga melarang bantuan dana asing untuk membangun masjid.

Keinginan Muslim Prancis untuk menambah jumlah masjid didukung pemimpin Kristen sebagai keinginan yang sah.
"Seperti umat Kristen dan Yahudi, kaum Muslim dapat mempraktikkan agamanya," kata Monsignor Ribadeau-Dumas, jurubicara Bishops' Conference of France. (onislam.net/news.risalahislam.com).*

You're reading Muslim Prancis Butuh Masjid Lebih Banyak. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Muslim Prancis Butuh Masjid Lebih Banyak"

Back to Top