Jasa Membuat Blog

Sopir Bus Menguji Kejujuran Seorang Imam Masjid di London

Masjid di London
Imam Masjid di London itu lulus ujian kejujuran setelah mengambalikan kelebihan uang kembalian ongkos bus sebesar 20 sen.

SEORANG imam masjid di London tiap hari pergi ke masjid dari rumahnya dengan naik bus. Ongkos bus dibayar menggunakan kartu atau langsung diserahkan ke sopir karena tidak ada kondektur. Begitu bayar ongkos, penumpang duduk.

Suatu hari sang imam tidak punya uang pas untuk membayar ongkos. Ia pun menerima uang kembalian dari sopir bus, lalu duduk di kursi penumpang. Setelah duduk, ia menghitung kembali jumlah uang kembalian dan ternyata lebih 20 sen.

Sejenak sang imam berpikir: "Kembalikan tidak uang ini? Ah, cuma 20 sen ini... ah... dia (sopir) 'kan bukan Muslim atau saya masukan saja kelebihan uang kembalian ini ke kotak amal di masjid?"
Ketika bus tiba di halte pemberhentian sang imam, ia pun beranjak dari tempat duduknya untuk turun dari bus. Namun, sebelum melewati pintu bus, ia berhenti sejenak untuk menyerahkan uang 20 sen.

"Ini uang Anda, kembalian Anda ada kelebihan 20 sen yang bukan hak saya," katanya.

Setelah menerima uang tersebut, sang sopir tiba-tiba mengacungkan jempol sambil berkata: "Anda berhasil!" (You did it...!)

"Apa maksud Anda?" tanya imam, heran.


"Bukankah Anda imam (masjid) di sana?" tanya sopir.
"Ya, benar," jawab sang imam.

Sopir bus menjelaskan: "Sebenarnya saya, sejak beberapa hari ini, saya ingin mendatangi masjid Anda untuk belajar tentang Islam dan masuk Islam... tapi saya ingin menguji Anda sebagai imam masjid, apakah Islam benar-benar seperti yang saya dengar: jujur, terpercaya, dan sebagainya. Anda berhasil menunjukkannya dengan mengembalikan kelebihan uang kembalian itu. Saya akan masuk Islam...!"

Mendengar pengakuan sopir tersebut, kedua lutut imam masjid merasa lemas. Ia nyaris terjatuh. Ia berpegang pada sebuah tiang, kemudian bersandar. Sambil menatap langit, ia berkata: "Ya Allah, hampir saja saya menjual Islam hanya dengan 20 sen. Astaghfirullah...." (Sumber: Milis Yasminmuslim/Majalah Ar-Risalah).*

You're reading Sopir Bus Menguji Kejujuran Seorang Imam Masjid di London. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Sopir Bus Menguji Kejujuran Seorang Imam Masjid di London"

Back to Top