Jasa Membuat Blog

Bangunan Masjid Manhattan New York Berupa Ruko

Masjid Manhattan New York News.RisalahIslam.com -- Masjid Manhattan, New York, Amerika Serikat, tidak tampak sebagai rumah ibadah kaum Muslim pada umumnya. Bangunannya hanya berupa ruko biasa dn tanpa hiasan kaligrafi atau semacamnya.

Lokasi Masjid Manhattan di 30 Cliff St, New York, di kawasan Lower Manhattan, sebelah selatan Pulau Manhattan. Wisatawan bisa naik kereta subway dari stasiun mana saja di New York dan turun di Stasiun Fulton Street. Dari sana, tinggal 5 menit saja berjalan kaki.

Menurut situs resmi Masjid Manhattan, masjid ini diresmikan tahun 1970. Meski hanya berupa ruko, jamaah masjid ini paling ramai di New York.

Ada satu plang bertuliskan 'Masjid Manhattan' di salah satu jendela masjid yang berupa bangunan ruko berwarna merah bata dan berlantai 6 ini.

Ratusan Muslim memadati masjid ini saat waktu shalat tiba. Bahkan ketika shalat Jumat, jamaah akan membludak sampai ke luar ruko dan shalat di pedestarian jalan.

Masjid Manhattan menggelar kelas-kelas kajian Islam, seperti fiqih, tafsir hadis, dakwah, dan bahasa Arab. Pernikahan dan manasik haji juga digelar di masjid ini.

"Masjid Manhataan berkomitmen untuk mengajarkan cara hidup Islam berdasarkan Al Quran dan Nabi Muhammad. Kami melayani pembelajaran agama, budaya dan sosial. Kami memberi bantuan kepada seluruh masyarakat. Kami pun bertujuan untuk mengikat hubungan antara sesama umat Muslim dan antara umat Muslim dengan umat agama lainnya," begitu tulisan misi Masjid Manhattan di situs resminya.

Ibadah salat lima waktu berjamaah juga selalu digelar setiap harinya. Informasi Islam dan kehidupan masyarakat Muslim di Negeri Paman Sam terdapat lengkap di sana. Lewat situsnya saja, Anda bisa melihat jadwal salat sampai mendengar Al Quran dan panduan untuk menjadi Muslim yang baik dan benar.

Saat bulan Ramadan, Masjid Manhattan pun rutin menggelar acara buka puasa bersama.Waktu imsak di sana sekitar pukul 03.37 dan waktu berbuka puasanya sekitar pukul 20.32.

Bagian dalam masjid dihiasi karpet saja. Tanpa hiasan kaligrafi di bagian dinding Dari 6 lantai bangunan ruko, baru 5 saja yang sudah menjadi bagian Masjid Manhattan. Satu lagi di lantai paling atas, belum mampu dibeli oleh pihak masjid karena harganya terlalu mahal.

Pihak masjid ingin menambah satu lantai demi membuat para jamaah nyaman. "Help us purchase the 6th Floor, the only floor not owned by the Masjid," demikian disebutkan di situs resmi masjid.*

You're reading Bangunan Masjid Manhattan New York Berupa Ruko. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bangunan Masjid Manhattan New York Berupa Ruko"

Back to Top