Jasa Membuat Blog

Muslim AS Perjuangkan Libur Sekolah untuk Idul Fitri

Muslim AS Perjuangkan Libur Sekolah untuk Idul Fitri
News.RisalahIslam.com -- Komunitas Muslim di Amerika Serikat (AS) masih harus berjuang untuk mendapatkan libur sekolah Idul Fitri dan Idul Adha.

Warga Muslim meminta agar sekolah negeri libur tidak hanya pada hari Natal dan Paskah, tapi juga pada hari raya keagamaan Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Dilansir VOA Indonesia, 6 distrik sekolah sudah meliburkan siswanya pada hari raya Islam tersebut. Wali Kota New York, Bill de Blasio, baru-baru ini mengumumkan New York akan meliburkan sekolah-sekolah pada Idul Fitri bulan Juli tahun ini dan Idul Adha pada bulan September. Tapi kampanye "Equality for Eid" yang dilancarkan baru-baru ini menemui masalah.

Di sebagian besar distrik sekolah negeri di seluruh Amerika, agama minoritas masih relatif kecil. Tapi di Montgomery County, Maryland, sebuah tempat di luar Washington D.C., populasi Muslim meningkat sekitar 10 persen. Montgomery County juga tercatat sebagai salah satu daerah yang memiliki sekolah terbaik di Amerika.

Pada bulan November lalu, orang tua dan aktivis Islam menghadiri pertemuan dengan dewan pendidikan di wilayah tersebut untuk meminta agar hari libur agama Islam dimasukkan ke dalam kalendar sekolah.

Seorang siswa kelas empat mengatakan, seharusnya Idul Adha juga dijadikan libur sekolah. “Setiap kali Idul Adha jatuh pada hari sekolah, saya harus bolos sekolah dan itu jadi catatan buruk di rapor saya, dan saya tidak suka itu,” katanya.

Seorang aktivis, Zainab Chaudry mengatakan walaupun bolos yang terkait dengan perayaan keagamaan seperti itu diperbolehkan, anak-anak Muslim seperti Musa tetap mengalami kerugian.

"Pelajaran di kelas terus berjalan. Guru tetap mengajar. Kalau ada ujian yang dijadwalkan pada hari itu, anak-anak yang memutuskan untuk tidak masuk akan ketinggalan ujian tersebut,” paparnya.

Umat Muslim di wilayah tersebut melihat ada kesempatan di tahun 2015 karena Idul Adha akan jatuh bersamaan dengan libur Yahudi, Yom Kippur, yang sudah ditetapkan sebagai hari libur di Montgomery County sejak tahun 1970-an, ketika dewan pendidikan mengetahui bahwa 15 persen siswa dan guru di wilayah tersebut tidak masuk sekolah.

Rabbi Batya Steinlauf dari Dewan Hubungan Masyarakat Yahudi di wilayah Washington D.C. dan sekitarnya mengatakan bahwa Idul Fitri dan Idul Adha seharusnya ditambahkan ke dalam kalendar sekolah sebagai salah satu cara mengakui "keragaman di Montgomery County.” *

You're reading Muslim AS Perjuangkan Libur Sekolah untuk Idul Fitri. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Muslim AS Perjuangkan Libur Sekolah untuk Idul Fitri"

Back to Top