Jasa Membuat Blog

Dewan Muslim Prancis: Ubah Gereja Kosong Jadi Masjid!

gereja kosong jadi masjid
Ide mengubah gereja yang ditinggalkan jemaatnya menjadi masjid didukung Konferensi Wali Gereja Prancis.

News.RisalahIslam.com -- Presiden Dewan Muslim Prancis, Dalil Boubakeur, menyarankan gereka-gereja Katolik yang kosong diubah menjadi masjid.

"Ini isu sensitif, tapi mengapa tidak," ujar Boubakeur, dalam wawancara dengan stasiun radio lokal Europe 1, Senin (14/6/2015), seperti dilansir rt.com.

Menurut dan penceramah Masjid Agung Paris ini, saat ini terdapat 2.500 masjid di seluruh Prancis. Sebanyak 300 di antaranya masih dalam pembangunan. Jumlah ini masih jauh yang dibutuhkan.

Prancis merupakan negara Eropa dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di Eropa --sekitar 5 juta Muslim. Mereka membutuhkan setidaknya 5.000 masjid.

Boubakeur menyebut contoh pengubahan dari gereja menjadi masjid di Clermont-Ferrand. Ketika gagasan itu disampaikan, publik menyambut baik.

"Gereja itu telah 30 tahun ditinggalkan jamaahnya. Tahun 2012, gereja diserahkan ke Muslim setempat," ujar Boubakeur.

"Saya pikir Muslim dan Kristen bisa hidup berdampingan," imbuhnya.

Juru bicara Konferensi Wali Gereja Prancis, Monseigneur Ribadeao-Dumas, menyambut baik gagasan Boubakeur untuk mengubah gereja kosong yang ditinggalkan jamaahnya itu menjadi masjid. Menurutnya, kaum Muslim harus memiliki rumah ibadah.

Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, mengatakan, Islam adalah agama terbesar kedua di Prancis  setelah Kristen.

Gagasan mengubah gereja menjadi masjid itu ditentang kelompok sayap kanan anti-Islam. Wakil Presiden Partai National Front, Florian Philippot, menyatakan tidak boleh ada lagi masjid baru di Prancis. Ia menuduh masjid merupakan sumber radikalisme.
Pemimpin partai, Marine Le Pen, juga menyerukan agar pemerintah menghentikan pembangunan masjid.

Namun, PM Prancis Manuel Valls menekankan tidak ada kaitan antara ekstremisme dan Islam."Kita harus katakan semua ini (ekstremisme) bukan Islam," tegasnya.* 

You're reading Dewan Muslim Prancis: Ubah Gereja Kosong Jadi Masjid!. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Dewan Muslim Prancis: Ubah Gereja Kosong Jadi Masjid!"

Back to Top