-->
Jasa Membuat Blog

Pemerintah China Larang Muslim Xinjiang Puasa Ramadhan

Pemerintah China Larang Muslim Xinjiang Tidak Puasa Ramadhan
PNS Muslim diharuskan membuat pernyataan lisan dan tertulis bahwa mereka tidak akan berpuasa Ramadhan.

News.RisalahIslam.com -- Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah China melarang kaum Muslim Xinjiang beribadah puasa pada bulan Ramadan.

Pada Ramadhan tahun ini, pegawai negeri Muslim di wilayah berpenduduk mayoritas Muslim itu harus bersumpah dan membuat pernyataan tertulis bahwa mereka tidak akan berpuasa.

Diberitakan CNN dari kantor berita Reuters (16/5), dalam beberapa hari terakhir situs pemerintah dan media corong Partai Komunis China di Xinjiang mengeluarkan maklumat yang memerintahkan seluruh anggota partai, PNS, siswa, dan guru tidak melakukan ibadah puasa Ramadhan.

Di wilayah Maralbexi, Xinjiang, PNS dan anggota partai diharuskan bersumpah secara lisan dan tulisan berisikan jaminan "mereka tidak punya keyakinan, tidak akan menghadiri aktivitas keagamaan dan mendorong warga tidak berpuasa selama Ramadan."

Di Jinghe yang berbatasan dengan Kazakhstan, petugas lembaga makanan Xinjiang pekan lalu mengatakan mereka akan "mendorong dan membimbing" restoran halal untuk tetap buka dan beroperasi normal selama Ramadan, seperti dikutip dari situs pemerintah.

Restoran yang memutuskan buka tidak akan terlalu sering didatangi pengawasan makanan.

"China meningkatkan larangan dan pengawasan menjelang Ramadan. Keyakinan suku Uighur dipolitisir dan tindakan China meningkatkan perlawanan," kata Dilxat Raxit, juru bicara Uighur di pengasingan, Kongres Uighur Dunia, dalam pernyataannya.

Juru bicara pemerintah Xinjiang tidak mengangkat telepon Reuters untuk konfirmasi. Namun sebelumnya, pemerintah membantah pengekangan, walau membenarkan PNS dan warga di bawah 18 tahun dilarang berpuasa dan berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan.

Jumlah Muslim di China diperkirakan mencapai 20 juta jiwa, sebagian di antaranya Muslim Uighur, suku berbahasan Turkic di Xinjiang.*

You're reading Pemerintah China Larang Muslim Xinjiang Puasa Ramadhan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pemerintah China Larang Muslim Xinjiang Puasa Ramadhan"

Back to Top