Jasa Membuat Blog

15.000 Muslim Berlari Menuju Gerbang Masjid Terbesar di Eropa

Masjid Imany Kadyrova
SEKITAR 15.000 Muslim berlari menuju gerbang Masjid Imany Kadyrova di Argun, di Republik Chechnya, Rusia, yang didirikan di atas tanah seluas lebih dari 24.000 meter persegi.


Lomba lari sejauh 16,4 kilometer pada 14 Mei 2014 itu diadakan untuk menandai pembukaan masjid berkapasitas sekitar 15.000 jamaah dan didaulat menjadi masjid terbesar di Eropa.

Lomba lari itu digambarkan sebagai  simbol kaum Muslim yang memenuhi seruan Allah SWT dalam Al-Quran "Fafirru ilallah" (فَفِرُّوْا إِلَى اللهِ) "Maka berlarilah menuju Allah!” (QS. Adz-Dzariyat: 50).

Dalam video yang diunggah di Youtube disebutkan, lari massal itu mengambil start di masjid "jantung Chechnya" (Heart of Chechnya) dan finish di gerbang Masjid Imany Kadyrova.

Perespian masjid yang namanya diberikan langsung pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov, ini dihadiri delegasi dari sejumlah perwakilan negara Muslim, seperti Mesir, Yaman, Palestina, Bahrain, Saudi Arabia, Maroko, juga wakil Muslim Inggris, Austria, dan lainnya.

Shalat Jumat pertama di masjid ini diikuti lebih dari 15,000 jamaah.

Nama masjid ini diambil dari nama ulama kharismatis Chechnya, Akhmad Abdulkhamidovich Kadyrov, yang menjabat Kepala Mufti Ichkeria, Republik Chechen, tahun 1990-an, dan menjabat Presiden Chechnya, negara anggota federasi Rusia berpenduduk mayoritas Muslim. (http://www.news.risalahislam.com).*


You're reading 15.000 Muslim Berlari Menuju Gerbang Masjid Terbesar di Eropa. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "15.000 Muslim Berlari Menuju Gerbang Masjid Terbesar di Eropa"

Back to Top