Jasa Membuat Blog

Konferensi Internasional Media Islam Keluarkan Deklarasi Jakarta Dukung Palestina

Konferensi Internasional Media Islam
Indonesia -- Konferensi Internasional Media Islam (ICIM) di Jakarta, 25-26 Mei 2016, mengeluarkan Deklarasi Jakarta berintikan perjuangan pembebasan Palestina dan Al-Quds lewat media massa.

ICIM sendiri bertujuan utama mendukung perjuangan global bagi kemerdekaan Palestina melalui media massa.

Peserta Konferensi Internasional Media Islam dihadiri pimpinan redaksi Kantor Berita Islam Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kantor Berita ANTARA, Kantor Berita Palestina WAFA (Wakalah al-Anba al-Filistiniyyah), Kantor Berita Turki Anadolu Agency (AA), dan lainnya.

"Konferensi ini menyepakati konsolidasi media Islam antarnegara," kata Presiden Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia (MAPIM) Mohd Azmi Abdul Hamid saat membacakan Deklarasi Jakarta di Wisma Antara, Jakarta, Kamis (26/5/2016).
Secara umum, poin deklarasi tersebut merupakan upaya untuk melanjutkan perjuangan pembebasan Palestina dan Al Quds, terutama lewat media massa.

ICIM merupakan konferensi yang diikuti media massa dari 50 negara diyakini akan menjadi sarana efektif dalam memperjuangkan Palestina sesuai hasil KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam di Jakarta 6-7 Maret 2016.

Ketua Steering Committe (SC) ICIM Yakhsyallah Mansur mengatakan dua hal yang menjadi hasil konferensi internasional tersebut. 

Pertama, memperkuat citra Islam sebagai agama rahmat bagi alam semesta melalui media. 

Kedua, mempertahankan isu Palestina yang kian tenggelam oleh isu lainnya seperti Arab Spring dan konflik di negara-negara Islam.

"Akan kita warnai ajaran Islam agar semakin banyak dimunculkan, Islam sebagai rahmat. Media agar benar berfungsi sebagai rahmat alam semesta. Berbuat baik pada sesama tidak pandang bulu, baik bagi manusia atau selain manusia, Muslim atau bukan," kata dia dikutip Antara News.

Menurut Mansur, krisis kemanusiaan dunia dapat teratasi dengan rahmat. Jurnalis sebagai pembawa pesan kebaikan harus konsisten menyampaikan rahmat kasih sayang antarsesama, bukan sebaliknya menebar keburukan.

Selama konferensi, pemimpin redaksi jurnal Organisasi Kerja sama Islam (OKI), Maha Mostafa Akeel, menyerukan agar media Islam bersatu dan bergandeng tangan untuk memerangi ekstremisme.

Sebagian media Barat kerap mengidentikan terorisme dengan Islam. Propaganda inilah yang harus dilawan media-media Islam dengan pemberitaan yang membuktikan bahwa Islam adalah agama damai dan tak mendukung ekstremisme.

Isi Deklarasi Jakarta ICIM
  • Mewujudkan persatuan media Islam Internasional dengan dasar ukhuwah Islamiyah yang mengatasi batasan organisasi dan kebangsaan.
  • Menyerukan agar media Islam bersatu mengimbangi media Zionis dan Barat yang merugikan Islam. Media Islam juga diminta proaktif dalam membela kepentingan Islam dan kemanusiaan.
  • Menjadikan Isu kemerdekaan Palestina dan Al Quds Assharief sebagai isu prioritas. 
  • Media Islam didorong agar meningkatkan kesadaran masyarakat Internasional agar memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dan Al Quds. 
  • Media Islam juga didorong membangun jaringan kerja sama antar media dalam berbagai bidang, seperti pertukaran berita dan pengutipan berita bebas biaya, pengembangan sumber daya manusia (SDM), dan penguatan koorporasi. 
  • Peningkatan pendidikan publik guna menyadarkan persatuan umat.
  • Peningkatan kerja sama media Islam dengan berbagai organisasi masyarakat dan dakwah Islam. 
  • Meningkatkan kampanye boikot terhadap produk pro Zionis Israel.
  • Advokasi terhadap Muslim minoritas tertindas.

You're reading Konferensi Internasional Media Islam Keluarkan Deklarasi Jakarta Dukung Palestina. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Konferensi Internasional Media Islam Keluarkan Deklarasi Jakarta Dukung Palestina"

Back to Top