Jasa Membuat Blog

Muslim Bosnia Renovasi Masjid Ferhat-Pasha

Muslim Bosnia Renovasi Masjid Ferhat-Pasha
Bosnia-Herzegovina -- Masjid Ferjadija alias Masjid Ferhat-Pasha di Kota Banja Luka, Bosnia-Herzegovina, direnovasi dan dibuka kembali Sabtu (7/5/2016) setelah lebih dari dua dekade hancur akibat dibom pasukan Serbia pada perang Balkan 1993 .

Dikitip Detik dari kantor berita AFP, Sabtu (7/5/2016), upacara pembukaan masjid itu dijaga ketat keamanan. 

Peresmian masjid dihadiri oleh (mantan) Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu. Sebagian dana rekonstruksi masjid itu berasal dari Turki.

"Kebencian telah surut, kepercayaan telah tumbuh dan rekonsiliasi akan memperkuat roh kita," kata pemimpin muslim di Bosnia, Grand Mufti Husein Kavazovic.

"Muslim, Ortodoks, Katolik, Yahudi dan semua warga negara lain dapat dan harus membangun bersama perdamaian di tanah Eropa," imbuhnya.

Menurut situs Warisan Dunia UNESCO, Masjid Ferhadija yang dibangun pada abad ke-16 hancur semasa agresu pasukan Serbia pada 1992-1995 bersama belasanm masjid lainnya di Banja Luka.

Upaya umat Islam Bosnia untuk membangun kembali Ferhadija yang juga dikenal sebagai masjid Ferhat-Pasha itu sebetulnya sudah dimulai pada Mei 2001. Namun, saat itu memicu kerusuhan anti-muslim yang mengakibatkan satu orang tewas dan 30 luka-luka.

Upaya untuk membangun kembali masjid dilanjutkan tahun 2007. Pada 2009 pengadilan Serbia Bosnia mengembalikan USD$ 38 juta terhadap otoritas setempat untuk 16 masjid di Banja Luka yang hancur akibat perang.*

You're reading Muslim Bosnia Renovasi Masjid Ferhat-Pasha. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Muslim Bosnia Renovasi Masjid Ferhat-Pasha"

Back to Top