-->
Jasa Membuat Blog

Hoax, Sertifikat Islam Damai dari Unesco

Hoax, Sertifikat Islam Damai dari Unesco
Unesco tidak pernah mengeluarkan Certificate of Peace dan pernyataan apa pun soal Islam Damai.

KABAR yang menyebutkan Islam mendapatkan sertifikat dari UNESCO sebagai agama paling damai adalah hoax alias kabar bohong atau informasi palsu.

Kabar tersebut beredar sejak Sabtu (9/7/16), beberapa situs Indonesia termasuk MINA, memberitakan tentang Badan PBB Unesco memberikan sertifikat Perdamaian pada Islam. Dalam foto sertifikat yang diteken Direktur Jenderal Unesco, Irina Bokova, itu disebutkan Islam sebagai agama paling damai di dunia.

Beberapa situs Islam Indonesia merujuk pemberitaan itu pada Times Indonesia 9 Juli 2016. Namun dalam penelusuran GATRAnews, semua berita itu merujuk pada situs di India, Junta Ka Reporter

Dalam berita di Junta Ka yang dirilis 4 Juli 2016, memang dikabarkan Badan PBB itu mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Islam adalah agama paling damai di dunia.

Disebutkan, pemberitan sertifikat itu adalah hasil kerjasama antara Unesco dengan organisasi Peace Foundation International.

"Setelah enam bulan analisis dan studi ketat, kami telah menyimpulkan bahwa Islam adalah agama yang paling damai,” ungkap Robert McGee, kepala studi banding Peace Foundation International dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh para pejabat UNESCO.

Namun, ternyata Unesco tidak mengeluarkan pernyataan apa pun soal ini. Demikian juga dengan Peace Foundation International.

unesco islam agama damai hoax

Artinya, berita tentang sertifikat Islam agama damai dari Unesco tersebut HOAX. Junta Ka Reporter tidak lain adalah situs berita satire atau parodi. Meski ditulis dengan gaya jurnalistik, namun semua tulisan di situs tersebut adalah bikinan pengelolanya alias rekayasa atau "humor".

"Semua ditulis sekadar untuk humor," kata penulis India, Biswajit Khara. Menurutnya, selama ini yang dia tahu Junta Ka hanya menulis berita palsu dan tidak nyata atau fiksi.

Lagi pula, jika benar, pastinya UNESCO akan memberikan pernyataan resmi dan publikasi di situs resmi dan media sosialnya.

Pelajaran berharga bagi situs-situs Islam, media Islam, atau wartawan Islam, agar lebih cerdas dalam mengelola informasi dan tidak menjadi bahan tertawaan dunia. (http://www.news.risalahislam.com).*

You're reading Hoax, Sertifikat Islam Damai dari Unesco. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Hoax, Sertifikat Islam Damai dari Unesco"

Back to Top