Jasa Membuat Blog

Muslim Turki Rayakan Gagalnya Kudeta Militer terhadap Pemerintah Erdogan

Muslim Turki Rayakan Gagalnya Kudeta Militer terhadap Pemerintah Erdogan
Perlawanan balik terhadap tentara yang melakukan kudeta terjadi di Ibu Kota Ankara dan Istambul.

Turki -- Muslim Turki merayakan gagalnya kudeta militer terhadap pemerintahan. Mereka berkumpul di pusat kota setelah Perdana Menteri Turki, Binali Yildrim, secara resmi mengumumkan bahwa upaya kudeta sekelompok militer di Turki gagal.

Situasi keamanan di Turki sudah kembali berada dalam kendali pemerintah. Pasukan yang loyal pada Presiden Reccep Tayyip Erdogan berhasil merebut beberapa gedung pemerintahan serta stasiun televisi TRT.

Diberitakan situs surat kabar Shada, Sabtu (16/7/2016), Yildrim berterima kasih kepada seluruh rakyat Turki dan partai-partai politik yang telah turun jalan untuk menolak dan menggagalkan upaya kudeta.

“Seluruh rakyat bersatu memelihara demokrasi, persatuan, dan keutuhan tanah air,” ujarnya.

Kantor berita Turki, Anadolu, mengabarkan massa pro-pemerintah masih berada di jalan-jalan. Mereka merayakan kegagalan kudeta dan penangkapan tiga perwira tinggi dan beberapa personel militer yang terlibat dalam upaya kudeta. Perwira dan tentara itu ditangkap karena berusaha masuk dan menguasai istana kepresidenan.

Menurut penasihat hubungan luar negeri badan intelijen Turki, Nuh Yilmaz, kondisi sudah kembali normal, dan kepala staf angkatan bersenjata Turki sudah kembali ke tugasnya setelah beberapa jam diculik.

Perlawanan balik terhadap tentara yang melakukan kudeta terjadi di Ibu Kota Ankara dan Istambul. Perlawanan dilakukan oleh rakyat sipil loyalis Erdogan serta sebagian faksi tentara.

New York Times
melaporkan, kelompok yang melakukan kudeta tidak memiliki jangkauan ke seluruh negeri. Manuver kelompok ini juga tidak direstui beberapa jenderal, kendati kabarnya panglima angkatan bersenjata disandera.

Rakyat Turki terlihat tidak takut kepada ancaman jam malam diumumkan oleh tentara yang melakukan kudeta. Ribuan orang tumpah ruah ke jalan, menduduki tank, serta memprovokasi tentara.

Salah satu jenderal loyalis Erdogan, Zekai Aksakalli, menyatakan dalam hitungan jam kudeta akan gagal sepanuhnya.

"Seluruh pejabat pemerintah telah kembali bertugas di pos masing-masing," kata seorang petinggi pemerintahan kepada Associated Press.

Kegagalan kudeta ini juga dipastikan oleh Nuh Yilmaz, juru bicara Badan Intelijen Turki. Dia menyatakan seluruh gedung yang tadinya diduduki faksi tentara berhasil direbut kembali. "Situasi telah berangsur-angsur normal," kata Yilmaz.

Di Stasiun televisi Aljazeera, dilaporkan bila polisi menangkapi personel tentara yang mendukung kudeta. Muncul pula laporan jika pesawat tempur F-16 yang terbang rendah, dikendalikan pilot pro-Erdogan, menembak jatuh helikopter milik pasukan kudeta.

Pengamat masalah Turki M Alfan Alfian mengatakan,  kudeta militer di Turki berakhir dengan kegagalan. Ini terlihat jelas ketika Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah kembali ke ibu kota Turki, Ankara, dan menyatakan telah menangkap 151 perwira militer yang terindikasi terlibat dalam kudeta.

''Memang belum pasti secara penuh. Tapi menyimak tayangan berita ketika Erdogan sudah pulang ke Ankara dan menggelar jumpa pers serta menyatakan menanggkap 151 tentara pelaku kudeta, maka aksi pengambilan kekuasaan ini dikatakan sudah berakhir. Jadi untuk kesekian kalinya militer Turki gagal melakukan kudeta,'' kata Alfan, Sabtu (16/7/2016) kepada Republika Online.*

You're reading Muslim Turki Rayakan Gagalnya Kudeta Militer terhadap Pemerintah Erdogan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Muslim Turki Rayakan Gagalnya Kudeta Militer terhadap Pemerintah Erdogan"

Back to Top