Jasa Membuat Blog

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1437 H Rabu 6 Juli 2016

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1437 H Rabu 6 Juli 2016
Sidang Penetapan (Isbat) Kementerian Agama bersama Ormas Islam memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016.

"Kami bersepakat berdasarkan laporan dalam sidang yang baru saja selesai, bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari lusa, Rabu 6 Juli 2016," ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin usai sidang isbat, Senin (4/7/2016).

Lukman mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan laporan dari kurang lebih pelapor yang tersebar di 90 titik yang ada di Indonesia. Seluruh pelapor kecuali daerah Aceh dan Sumbar (yang belum melapor karena posisinya berada di paling barat), menyatakan hilal belum tampak pada Senin petang ini.

"Disimpulkan hilal di bawah ufuk. Jadi besok hari Selasa, kita masih berpuasa. 1 Syawal jatuh pada hari Rabu," ujarnya.

Sidang Isbat dihadiri sejumlah perwakilan ormas Islam, di antaranya dari Muhammadiyah dan NU, juga perwakilan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Beberapa perwakilan-perwakilan duta besar untuk Indonesia juha hadir, antara lain Dubes Pakistan, Dubes Kazakhstan, Dubes Afganistan, Dubes Palestina, Dubes Malaysia, dan Dubes Arab Saudi.

Sebelum sidang isbat, anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) Cecep Nurwendaya memaparkan hasil temuan timnya tentang penetapan 1 Syawal 1437 H yang secara hisab jatuh tepat pada hari Rabu 6 Juli 2016.

"Dengan ketinggian kompak, hasil perhitungan secara hisab jatuh pada Rabu 6 Juli. Selanjutnya masih menunggu keseluruhnya melaporkan," ujarnya.

Menurut Cecep, hasil tersebut berdasarkan 22 metode modern yang dianggap sangat akurat dan hasilnya jatuh pada hari Rabu mendatang. Meskipun, hingga sore tadi tim rukyat yang ada di 90 titik ketinggian melihat bahwa hilal masih berada di bawah matahari. "Artinya hilal masih terbenam oleh matahari," ucap Cecep. (Antara/Detik).*

You're reading Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1437 H Rabu 6 Juli 2016 . Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1437 H Rabu 6 Juli 2016 "

Back to Top