Jasa Membuat Blog

International Hijab Solidarity Day Digelar Minggu 4 September 2016

International Hijab Solidarity Day

MUSLIMAH di seluruh dunia akan menggelar International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Jilbab Internasional, Minggu 4 September 2016.

Selain International Hijab Solidarity Day, ada juga momentum 'Hari Jilbab Sedunia' World Hijab Day yang digelar tiap 1 Februari.

Dilansir laman Salam UI, IHSD terlahir dari konferensi di London, Inggris, 4 September 2004. Pada awalnya, IHSD diprakarsai kaum Muslim di empat negara, yakni Perancis, Jerman, Tunisia, dan Turki.

Di negara-negara tersebut para Muslimah berhijab seringkali mendapat diskriminasi dan kesulitan. Oleh karena itu, International Hijab Solidarity Day memberikan penekanan pada makna kata 'solidarity' (solidaritas) yakni rasa senasib dan setia kawan.


Konferensi London dihadiri 300 delegasi dari 102 organisasi di Inggris dan 35 negara lainnya. Hasil pertemuan para petinggi negara menghasilkan dukungan kepada para muslimah dan akhirnya mengizinkan wanita untuk berhijab di tempat umum. 

Sejak keputusan itu dibuat, akhirnya 4 September ditentukan sebagai International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Dunia.

Wanita di beberapa negara Eropa seperti Prancis, Jerman, Turki dan lainnya juga merayakan hari berhijab sejak keputusan tersebut dibuat. Perayaan IHSD ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan masyarakat untuk para hijabers yang masih terintimidasi karena menggunakan jilbab.

Apa kegiatan Anda, wahai Muslimah, di International Hijab Solidarity Day atau Hari Solidaritas Jilbab Internasional ini?

You're reading International Hijab Solidarity Day Digelar Minggu 4 September 2016 . Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "International Hijab Solidarity Day Digelar Minggu 4 September 2016 "

Back to Top