Jasa Membuat Blog

Ulama Malaysia Larang Kaum Muslim Main Pokemon Go

Ulama Malaysia Larang Kaum Muslim Main Pokemon Go
Malaysia -- Komite Konsultatif Hukum Islam Malaysia melarang umat Islam untuk bermain Pokemon Go.

Larangan diumumkan Jumat (5/8/2016) malam oleh Imam Mufti Wilayah Federal, Zulkifli Mohamad al-Bakri.

Disebutkan, larangan itu bertujuan untuk melindungi warga negara yang mayoritas Muslim dicemari oleh permainan itu.

Permainan Pokemon Go dapat menyebabkan invasi ke ruang pribadi, kecanduan, kelainan emosional dan masalah lain, kata pernyataan itu.

"Permainan Pokemon Go tidak dibenarkan untuk umat Islam atas faktor 'maslahah' dan kemudaratan," tegasnya dikutip kantor berita Malaysia, Bernama.

"Permainan (Pokemon Go) mendorong pencarian kekuasaan dan dewa-dewa dengan kekuatan tertentu, yang dapat menyebabkan perjudian,” imbuhnya.

Keputusan itu dicapai dalam musyawarah Perundingan Hukum Syarak Wilayah Persekutuan pada 1 Agustus 2016.

"Setelah meneliti pendapat para ulama dan fatwa yang dikeluarkan, kami berpendapat, fatwa yang dikemukakan ada asasnya dan perlu dijauhkan permainan Pokemon Go," tegasnya.

"Di samping itu, mengiyakan kuasa dan dewa tertentu yang mempunyai kuasa, dan ditambah itu akan membawa kepada perjudian, maka kami berpendapat bahwa tidak bolehhukumnya bermain Pokemon dan itu sebagai haram, mempunyai asas yang kuat."

Game Pokemon Go sudah bisa didownload secara resmi di Malaysia, Sabtu (6/8/2016). Meskipun tidak ada pengumuman resmi diluncurkan di Malaysia, pengguna Android dan iOS sudah dapat mengunduh gratis melalui Google Play Store dan Apple App Store

Sebelumnya, ulama Arab Saudi juga mengharamkan umat Islam bermain game Pokemon Go dengan alasan membahayakan.

Larangan resmi bermain Pokemon Go berlaku di Iran. Pihak berwenang di Iran melarang aplikasi Pokemon Go karena masalah keamanan.

Keputusan itu diambil Dewan Tinggi Ruang Virtual (HCVS), sebuah badan resmi yang mengawasi aktivitas daring.

Seperti dilaporkan BBC, keputusan itu menjadikan Iran sebagai negara pertama yang mengeluarkan larangan untuk permainan Pokemon Go.

Meski gim Pokemon Go telah dipuji oleh sejumlah kalangan karena mendorong orang untuk aktif di ruang terbuka dan mengunjungi berbagai lokasi secara fisik, namun permainan ini disorot berkaitan dengan faktor keamanan lalu lintas, penyimpangan, atau potensi menjadi korban kejahatan.*

You're reading Ulama Malaysia Larang Kaum Muslim Main Pokemon Go. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Ulama Malaysia Larang Kaum Muslim Main Pokemon Go"

Back to Top