Jasa Membuat Blog

FPI Berencana Datangi Mabes Polri Tuntut Kapolda Jabar Dicopot

FPI Berencana Datangi Mabes Polri Tuntut Kapolda Jabar Dicopot
Front Pembela Islam (FPI) bersama elemen umat Islam lainnya berencana menggelar aksi longmarch ke Mabes Polri, Senin 16 Januari 2017, guna menuntut Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan dicopot.

Aksi ini dilakukan FPI menyusul terjadinya penyerangan massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) terhadap massa FPI di Mapolda Jabar, Kamis (12/1/2017). 

Anton sendiri diketahui sebagai pembina GMBI. Kehadiran GMBI di Mapolda Jabar saat Pemimpin FPI diperiksa --terkait dugaan penghinaan Pancasila-- disinyalir atas restu Kapolda.

Sedikitnya lima anggota FPI mengalami luka parah setelah diserang massa ormas GMBI di dekat Mapolda Jawa Barat. FPI lantas meminta polisi untuk menindak pelakunya karena videonya jelas ada.

"Saya rasa polisi harus kooperatif, harus bisa menindak siapa yang menyerang kami ketika itu terjadi. Justru kami yang menjadi korban sebenarnya,” kata Panglima FPI Maman Suryadi kepada detikcom, Jumat (13/1/2017).

Menurut Maman, salah satu serangan terjadi saat mereka sedang makan di sebuah restoran tak jauh dari Mapolda.

"Ketika kami sedang istirahat makan siang di resto Sunda. Tiba-tiba mobil kita diserang, mereka konvoi di jalan kita sedang di dalam mobil diserang sama mereka, yang sampai dijahit itu ada lima orang,” ujar Maman.

Maman menjelaskan, saat itu massa sudah membubarkan diri dari menggelar aksi di depan Mapolda. Namun tiba-tiba ada sejumlah massa yang datang dan melakukan penyerangan.

"Kejadiannya itu sore, kita sudah bubar. Kan Habib Rizieq sudah keluar. Kita ngantarkan beliau, beliau juga langsung istirahat,” tutur Maman.

Maman juga mengungkapkan, mereka akan menggelar aksi pada 16 Januari 2016. Aksi tersebut berupa long march menuju Mabes Polri untuk menuntut pencopotan Kapolda Jabar.

"Tanggal 16 kan kita mau turun di Al Azhar, kita mau minta tuntutan pencopotan Kapolda Jawa Barat. Bersama umat Islam tentunya. Long marchnya dari al Azhar kita menuju ke Mabes Polri,” ungkapnya.

Di sisi lain, serangan GMBI terhadap massa FPI di Bandung berimbas ke Bogor. Sekretariat GMBI dan satu rumah di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dibakar sekelompok orang yang diduga dari FPI, Jumat (13/1/2017) dini hari. Sedikitnya 20 orang yang diduga sebagai pelaku ditangkap polisi.

Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan meminta jajarannya untuk mengusut kasus perusakan tersebut.

"Sekarang saya juga minta pertanggungjawaban perusakan (markas GMBI di Bogor) ini siapa pembinanya? Kenapa dibiarkan merusak? Apakah ajaran Islam itu untuk merusak? Ini justru akan merusak umat Islam,” kata Anton, Jumat (13/1/2017), dikutip Okezone.

Menurut Anton, atas kejadian tersebut dan di daerah lainnya, harus ada evaluasi bersama-sama antarpihak yang berkepentingan. Jenderal bintang dua itu menyebut Islam tak mengajarkan membenci sesama manusia, apalagi sampai membuat kerusakan.

"Justru harus kita evaluasi bersama. Apakah cerminan Islam begini? Saya juga diajarkan pesantren dari kecil, tapi tidak diajarkan begini. Jadi kalau ada Islam yang merusak, saya yang pertama yang akan melawannya," ujarnya.*

You're reading FPI Berencana Datangi Mabes Polri Tuntut Kapolda Jabar Dicopot. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "FPI Berencana Datangi Mabes Polri Tuntut Kapolda Jabar Dicopot"

Back to Top