Jasa Membuat Blog

Injak Al-Quran di Kelas, Dosen UMSB Dipecat

Injak Al-Quran di Kelas, Dosen UMSB Dipecat
News.RisalahIslam.com -- Seorang dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), berinisial MK, dipecat karena menginjak Al-Quran saat mengajar di kelas. Ia dinilai melecehkan kitab suci umat Islam itu.

Pada perkuliahan ilmu filsafat pada 1 April 2015, MK mengajarkan inti ajaran Al-Quran dengan memberikan contoh seorang ibu marah kepada anaknya karena menginjak-injak Al-Quran, kemudian si ibu itu keluar, membuka jilbab dan bergunjing. Saat memberikan contoh itu, MK juga mempraktekkan menginjak Alquran.

"Menurut MK itu lebih parah lagi hukumnya dari pada menginjak Al-Quran, artinya bukan Al-Quran yang diagung-agungkan, tetapi inti ajarannya yang diamalkan,” kata Wakil Rektor III-IV UMSB, Yuzardi Ma’ad, kepada wartawan di kampus UMSB, Padang, Kamis (23/4/2015).

Menurut Yuzardi, mahasiswa langsung melaporkan hal tersebut kepada senior-senior mereka. Melihat kondisi itu, akhirnya pihak rektorat memanggil MK untuk memberikan penjelasan.

Seperti diberitakan okezone.com, MK mengakui kesalahannya. "Sebenarnya MK itu hanya ingin memancing logika mahasiswa, tapi karena mahasiswa itu masih semester dua belum mengerti, akhirnya itulah yang menjadi masalah,” ujar Yuzardi.

Dalam surat pernyataan pada 9 April 2015, MK menyesali perbuatannya. Dia juga berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan dan sejenisnya kapan pun dan dimana pun.

"Saya memang menginjak Al-Quran itu, dan saya mengakui itu salah karena spontan saya lakukan, saya ingin mengajak mahasiswa untuk berpikir bukan hanya membaca saja Al-Quran itu, tapi mengamalkan ajaran Al-Quran itu. Saya tidak ada niat menistakan agama seperti kabar yang beredar saat ini,” kilah MK, Kamis (23/4/2015)

Mengenai pemberhentiannya sebagai dosen di UMSB ia menerima dengan lapang dada. “Saya sudah siap dan saya taat instusi saat ini tahap skorsing, saya siap dipecat karena saya ini merasa salah, saya sudah minta maaf kepada masyarakat Sumatera Barat dan pemeluk Agama Islam bahwa saya salah dan ini salah paham,” ujarnya.*

You're reading Injak Al-Quran di Kelas, Dosen UMSB Dipecat. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Injak Al-Quran di Kelas, Dosen UMSB Dipecat"

Back to Top