Jasa Membuat Blog

Daftar 10 Masjid Paling Indah di Dunia

MASJID adalah tempat ibadah umat Islam. Bukan hanya temat sholat, masjid juga menjadi pusat aktivitas sosial dan keagamaan lainnya, termasum pengajian dan pendidikan.

Di negara-negara Barat, masjid biasanya bagian dari Islamic Center (Pusat Islam) atau Muslim Community Center (Pusat Komunitas Muslim). Kehadiran sebuah masjid di sebuat wilayah atau negara menandakan keberadaan umat Islam di sana.

Masjid biasa dibangun dengan dana swadaya masyarakat Islam. Banyak juga yang dibangun dengan dana bantuan pemerintah. Berikut ini daftar 10 masjid terindah di dunia versi Wonder List.


Top 10 Masjid Terindah di Dunia

1. Masjidil Haram  – Makkah, Arab Saudi 

Masjid suci pertama umat Islam. Disebut juga “Grand Mosque” (Masjid Besar). Lokasinya di Kota Makkah, Arab. Selain terindah dan tertua, masjid ini juga terbesar sejagat raya. Di musim haji sekitar 4 juta kaum Muslim memadati masjid yang di dalamnya terdapat bangunan Ka'bah --arah kiblat umat Islam di seluruh dunia dalam shalat

Masjidil Haram  – Makkah, Arab Saudi

2. Masjid Nabawi – Madinah, Arab Saudi

Masjid suci kedua umat Islam sekaligus masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjid Haram. Lokasinya di kota Madinah. Salah satu bagian dalam masjid terpenting adalah "Kubah Hijau" (Green Dome) tempat dimakamkannya Nabi Muhammad Saw. Di bagian depan masjid ada "Raudhah" yang dikenal sebagai tempat dikabulkannya doa karena di situlah Nabi Muhammad Saw biasa memimpin shalat.


Masjid Nabawi – Madinah, Arab Saudi

3. Masjid Al-Aqsha – Jerusalem, Palestina

Ini masjid suci ketiga umat Islam. Tempat Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw sebelum beliau "naik" (mi'raj) ke Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah SWT dan menerima perintah shalat. Masjid ini dikenal juga dengan nama Batitul Maqdis (Bayt al-Muqaddas) atau Tempat yang Disucikan.

Masjid Aqsho merupakan arah kiblat pertama umat Islam dalam shalat, sebelum kaum Muslim diperintahkan Allah SWT menghadap Ka'bah di Makkah.

Di dekat masjid ini ada Kubah Batu (Dome of the Rock) berwarna kuning keemasan yang menjadi ciri khas kota Jerusalem. Dalam gambar di bawah ini, Masjid Aqsha tampak di bagian bawah, bukan bangunan yang berkubah kuning emas.

Masjid Al-Aqsha – Jerusalem, Palestina


4. Masjid Hassan II  – Maroko

Masjid Hassan II di Casablanca Maroko menjadi masjid terindah ketiga. Ini masjid terbesar di Maroko dengan menara tertinggi dunia --210 meter. Selesai dibangun 1993, masjid ini berkapasitas 105.000 jamaah.

Masjid Hassan II  – Maroko


5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin  – Brunei Darussalam

Masjid ini ada di  Bandar Seri Begawan, ibukota Kesultanan Brunei. Masjid ini paling indah di kawasan Asia Pasifik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selesai dibangun 1958, masjid ini berarsitektur Islam modern.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin  – Brunei Darussalam

6. Masjid Zahir – Kedah, Malaysia

Masjid Zahir adalah masjid negara bagian Kedah. Lokasinya di jantung Alor Star, ibukota negara bagian Kedah, Malaysia. Masjid ini termasuk terbesar dan tertua di Malaysia. Dibangun 1912 oleh Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Arsitektur masjid terinspirasi Masjid Azizi di Langkat, Sumatra Utara, Indonesia.

Masjid Zahir – Kedah, Malaysia

 7. Masjid Faisal Islamabad – Pakistan

Faisal Mosque di Islamabad adalah masjid terbesar di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara dan masjid terbesar keempat di dunia. Masjid ini menjadi masjid terbesar di dunia pada 1986-1993 sebelum dikalahkan Masjid Haran, Masjid Nabawi, dan Masjid Hassan II.

Masjid Faisal Islamabad – Pakistan





 8. Masjid Tajul  – Bhopal, India

Masjid ini dinamai Taj-ul-Masajid yang artinya "Mahkota Masjid-Masjid" (The Crown of Mosques). Masjid berrlokasinya di Bhopal, India, ini juga digunakan sebagai sekolah Islam pada siang hari.

Masjid Tajul  – Bhopal, India

 9. Masjid Badshahi Lahore – Pakistan

Badshahi Mosque adalah masjid kerajaan di Lahore yang didirikan pada masa Raja Mughal Aurangzeb tahun 1671 dan selesai dibangun pada 1673. Ini masjid terbesar kedua di Pakistan dan terbesar kelima di dunia. Masjid ini berkapasitas 55.000 jamaah plus 95.000 jamaah di sekitar masjid

Masjid Badshahi Lahore – Pakistan





10. Masjid Sultan - Singapura

Sultan Mosque berada di Jalan Muscat Street dan North Bridge Road di Distrik Kampong Glam Rochor. Masjid ini tidak berubah sejak pertama kali dibangun, hanya diperluasi di ruang utama tahun 1960 dan 1993. Masjid ini ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional Singapore pada 14 Maret 1975.

Masjid Sultan - Singapura


Itulah Daftar 10 Masjid Paling Indah di Dunia. Masjid terindah yang hakiki tentu saja adalah masjid dimakmurkan oleh umat Islam dengan aktivitas ibadah dan keumatan demi kejayaan Islam dan kaum Muslim.

Tak usah bersedih karena tidak ada satu pun masjid di Indonesia yang masuk 10 besar masjid terindah di dunia tersebut. Wasalam. (http://www.news.risalahislam.com).*

You're reading Daftar 10 Masjid Paling Indah di Dunia. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Daftar 10 Masjid Paling Indah di Dunia"

Back to Top