Jasa Membuat Blog

Idul Fitri 1436 H/2015 M Kemungkinan Berbeda, Jumat & Sabtu

Idul Fitri 1436 H/2015 M Kemungkinan Berbeda, Jumat & Sabtu
Muhammadiyah Lebaran Jumat 17 Juli, NU kemungkinan Sabtu 18 Juli. Pemerintah biasanya mengikuti pendapat NU.

News.RisalahIslam.com -- Idul Fitri 1436 H/2015 M kemungkinan berbeda, antara Jumat & Sabtu. Ormas Islam Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri akan jatuh pada Jumat 17 Juli 2015. NU juga dalam kalendernya menetapkan Idul Fitri 17 Juli, namun masih menunggu hasil rukyat.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menyatakan, tahun ini ada dua kalender untuk penetapan lebaran tahun ini. "Kalender Muhammadiyah 17 Juli, NU juga tangga 17 (Juli). Kalau Persis (Persatuan Islam), 18 Juli," ujarnya seperti dikutip JPNN (7/7).
   
Djamal menjelaskan, pada dasarnya tanggal 16 Juli 2015 hilal sudah di atas ufuk, bahkan dengan ketinggian di atas dua derajat. Dengan kondisi tersebut, kalender Muhammadiyah dan NU pun sama-sama menetapkan tanggal 16 sudah wujudul hilal sehingga Idul Fitri jatuh pada 17 Juli.
      
Namun, ketinggian hilal tersebut masih di bawah 3 derajat dan mustahil bisa dirukyat secara astronomi sehingga potensi gagal rukyat bisa saja terjadi.

Dijelaskan, kalau gagal rukyat, dalam sidang isbat bisa terjadi perdebatan apabila muncul opsi Ramadan digenapkan 30 hari sehingga Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu 18 Juli 2015.
      
Hal senada dikemukakan Sekretaris Lajnah Falakiyah Pengurus Besar NU, Nahari Muslih. Menurutnya, berdasarkan perhitungan astronomis NU, posisi hilal sangat tipis, yakni hanya 3 derajat atau terlalu rendah. "Sangat susah melakukan rukyatul hilal pada posisi seperti itu," katanya. (Baca: NU: Idul Fitri Tahun Ini Berpotensi Beda).

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, penetapan 1 Syawal 1436 H berpotensi kembali berbeda. "Walau demikian, bagaimanapun, kita harus menunggu sidang isbat," ujar Lukman.

Lukman mengaku tetap mengharapkan agar semua umat Islam di Indonesia bisa memiliki kesamaan pandangan dalam memasuki hari raya Idul Fitri. Namun, kalaupun ada perbedaan, Lukman meminta agar perbedaan itu disikapi dengan arif.*

You're reading Idul Fitri 1436 H/2015 M Kemungkinan Berbeda, Jumat & Sabtu. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Idul Fitri 1436 H/2015 M Kemungkinan Berbeda, Jumat & Sabtu"

Back to Top