Jasa Membuat Blog

Waktu Puasa Ramadhan di Seluruh Dunia

Waktu Puasa Ramadhan di Seluruh Dunia
RAMADHAN segera tiba. Awal Puasa Ramadan 1438 H/2017 M di Indonesia akan jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017, menurut penetapan ormas Muhammadiyah.

Hasil sidang isbat pemerintah bersama MUI dan ormas Islam juga diperkirakan sama, awal puasa Ramadhan tahun ini sama-sama akan dimulai Sabtu 27 Mei 2017.

Selama bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa, satu bulan penuh, mulai dari sebelum matahari terbit atau saat awal waku Subuh dan berbuka saat matahari terbenam atau awal waktu shalat Magrib.

Salam beberapa tahun terakhir, Ramadan telah bergerak ke bulan-bulan musim panas di belahan bumi utara, menjadikan beberapa negara di sana diterpa panas terik lebih panjang.

Di belahan bumi bagian selatan, Ramadan jatuh pada hari-hari di musim dingin. Lantas berapa jam umat Islam di berbagai penjuru dunia menjalankan puasa?

Kaum muslim yang tinggal di negara-negara di kawasan benua Asia, berpuasa sekitar 14-16 jam. Kemudian mereka yang bermukim di kawasan benua Australia berpuasa selama 11 jam.

Di kawasan benua Afrika, muslim berpuasa sekitar 11-14 jam, lalu 10-17 jam di kawasan benua Amerika.

Umat Islam di kawasan benua Eropa nampaknya relatif merasakan waktu berpuasa lebih lama bandingkan masyarakat di benua lain yakni 17-20 jam.

Namun rekor terlama dipegang Greenland di belahan bumi bagian utara, dengan masa berpuasa selama 21 jam, waktu puasa umat Islam terlama di seluruh dunia. Marhaban Ya Ramadhan!

Sumber : Antara


*** Bekali diri dengan Ilmu Puasa Ramadhan: klik Panduan Ramadhan

You're reading Waktu Puasa Ramadhan di Seluruh Dunia. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Waktu Puasa Ramadhan di Seluruh Dunia"

Back to Top