-->
Jasa Membuat Blog

Muslim Indonesia Siap Bangun Masjid di Tokyo

Komunitas Muslim Indonesia di Tokyo, Jepang
Muslim Indonesia di Jepang.*
News.RisalahIslam.com -- Komunitas Muslim Indonesia di Tokyo, Jepang, akan membangun masjid di kompleks Sekolah Republik Indonesia di kawasan Meguro-ku, Tokyo. Panitia pembangunan masjid mematangkan rencana tersebut pada Ramadhan ini.

"Pada bulan puasa kami memastikan sudah sampai mana persiapannya. Insya Allah ground breaking pembangunan masjid dimulai 1 Syawal, bertepatan umat Islam di Jepang merayakan Idul Fitri tahun ini,” kata Ketua Masyarakat Islam Indonesia di Jepang, M. Maidiward, seperti dilansir Tempo.

Menurut staf Bidang Kehutanan Kedutaan Besar RI di Tokyo ini, rencana pembangunan masjid itu sudah mendapat persetujuan dari pemerintah Jepang dan Kementerian Luar Negeri RI selaku pemilik lahan di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

"Kami memberi nama Masjid Indonesia. Pak Dubes (Yusron Ihza Mahendra) akan meletakkan batu pertama, tanda dimulainya pembangunan,” tutur Maidi.

Masjid Indonesia dirancang untuk bisa menampung sekitar 270 orang dengan fasilitas perpustakaan dan ruang serbaguna sebagai pusat budaya Islam Indonesia, termasuk untuk pengajian, pernikahan, serta pengumpulan zakat, infak, dan sedekah.
"Setiap Ramadan, lokasi masjid yang akan dibangun dipakai tarawih pada bulan puasa, shalat Jumat, dan manasik haji.”

Biaya pembangunan masjid diproyeksikan Rp 10 miliar. Pengumpulan dana dilakukan sejak 1999. Sumbangan antara lain datang dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Rp1 miliar dan Wakil Presiden Boediono Rp500 juta. Sumbangan itu diberikan pada 2011.

Penyumbang terbesar dari PT Astra International Tbk, yaitu Rp5 miliar. “Sisanya dari masyarakat Indonesia di Jepang dan umat muslim lainnya di Tokyo,” ujar Maidi.

Duta Besar RI di Jepang, Yusron Ihza Mahendra, mengatakan umat Islam di Jepang terus bertambah. "Keberadaan muslim Indonesia cukup bisa diterima di Jepang, dan dari sisi populasi paling dominan. Saya kira pembangunan masjid ini sangat penting dan diidam-idamkan,” kata Yusron.

Jumlah masjid dan mushola di Jepang saat ini mencapai lebih dari seratus buah, mayoritas berada di Tokyo. Masjid tertua bernama Masjid Kobe yang dibangun pada 1928 oleh pedagang dari India.

Masjid tertua di Tokyo adalah Masjid Cami Tokyo yang didirikan pada 1938 oleh orang Turki. Masjid yang berada di bilangan Yoyogi-Shibuya ini terbesar di Jepang dan berarsitektur khas Turki.*

You're reading Muslim Indonesia Siap Bangun Masjid di Tokyo. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Muslim Indonesia Siap Bangun Masjid di Tokyo"

Back to Top