Jasa Membuat Blog

INSIST: Liberalisme Merusak Akidah Umat Islam

INSIST: Liberalisme Merusak Akidah Umat Islam
News.RisalahIslam.com -- Liberalisme yang diusung kelompok seperti Jaringan Liberal Islam (JIL) merusak akidah umat Islam dari dalam.

Demikian dikemukakan Direktur Indonesian Society for Social Transformation (INSIST) Adnin Arnas dalam Kajian Islam tentang sekularisme, radikalsime, dan pluralisme dalam di Islamic Centre Bekasi, Selasa (14/4).

"Ada sebagian pemeluk agama Islam yang berpandangan liberal. Mereka umumnya memiliki pemikiran menyimpang dibanding dengan sebagian besar umat Islam. Kelompok liberal ini dinilai bisa merusak Islam dari dalam," katanya seperti dikutip Go Bekasi.

Adnin mencontohkan sejumlah akademisi dari kampus Islam dan lulusan pesantren yang kemudian memiliki pemikiran-pemikiran yang dianggap menyimpang, seperti pendapat bahwa kawin beda agama boleh, zina lebih baik daripada poligami, dan membolehkan perilaku homoseksual.

Adnin mengungkapkan, jika yang belajar agama saja memiliki pemikiran yang tidak umum seperti itu, bagaimana masyarakat yang tidak mendalami Islam. Dia khawatir, pemahaman seperti itu dapat menyebar dan memengaruhi masyarakat awam.

"Ada juga yang berpendapat bahwa wanita karier itu lebih baik dan memiliki derajat yang tinggi ketimbang ibu rumah tangga. Sampai ada pemikiran yang menganggap bahwa kalau ada kelompok yang masih memercayai bahwa Al-Quran itu otentik, maka kelompok tersebut akan ditertawakan saking salahnya,” ujarnya.

Adnin mengimbau pada masyarakat untuk menjauhkan putra-putri mereka dari lembaga pendidikan yang mengajarkan unsur radikalisme seperti itu.

Pembicara lain, Dekan Dirasat Islamiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Hamka Hasan mengatakan, liberalisme dalam konteks pemikiran keagamaan yang cenderung bebas dan lebih pada mendayagunakan akal ketimbang penafsiran ulama terhadap Alquran maupun hadis, dalam ranah akademis, memang sering terjadi.

"Tetapi ketika pemahaman yang dianggap berbeda itu disebar pada masyarakat dan kemudian menimbulkan keserakahan dan kebingungan maka itu keliru. Secara umum, konsep liberal memang berbeda dengan pemikiran Islam yang sudah berkembang di masyarakat," jelasnya seraraya berpesan "belajarlah agama pada ahlinya agar tidak tersesat.*

You're reading INSIST: Liberalisme Merusak Akidah Umat Islam. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "INSIST: Liberalisme Merusak Akidah Umat Islam"

Back to Top